Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin maju, salah satunya adalah perkembangan dalam bidang komunikasi (jaringan) komputerdan smartphone, karena kita tahu bahwa saat ini jaringan koneksi jaringan tercepat adalah jaringan 4G yang memungkinkan Anda. menjelajah Internet secepat kilat, mengobrol di media sosial, tidak akan terputus, dan Anda akan menemukan lebih banyak lagi yang disebut buffering video.

Namun dibalik kelebihan dan kecepatan jaringan kuota internet 4G, jaringan 4G juga memiliki kekurangan. Untuk itu berikut kekurangan dari jaringan 4G.

Kekurangan dari Jaringan 4G LTE

Kekurangan Jaringan 4G LTE pada Hp atau Smartphone

  • Lebih boros kuota.Apakah kamu tahu istilah “buffering” saat streaming video ? Buffering adalah proses mendownload video yang sedang dilihat. Berkat jaringan 4G, buffering video jadi lebih cepat. Walau di satu sisi baik, namun di sisi lain tidak. Misalnya kamu ingin menonton video berdurasi 10 menit, tiba-tiba di menit pertama kamu merasa tidak tertarik dengan video tersebut dan langsung menutupnya. Walau kamu hanya menonton 1 menit namun karena saking cepatnya buffering 4G, durasi video yang di-download sudah mencapai 10 menit. Ini tentunya akan membuang banyak kuota atau pulsamu bukan?
  • Belum menjangkau seluruh daerah Indonesia.Karena untuk mengadakan jaringan 4G membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu operator di Indonesia tidak bisa secara serentak membangun semua fasilitas yang dibutuhkan untuk menyediakan jaringan 4G hingga ke pelosok. Namun masalah ini sedikit mulai bisa dipecahkan dengan cara ‘patungan.’ Sebagai contoh Indosat dan XL, demi memperluas cakupan 4G, mereka saling bekerjasama untuk membuat menara BTS, RAN, dan lain sebagainya. Dengan cara ini satu BTS bisa melayani dua jaringan provider berbeda dan biaya modal serta operasional masing-masing perusahaan jadi lebih hemat
  • Butuh perangkat khusus. Hp atau smartphone 3G tidak bisa mengakses jaringan 4G. Supaya kamu bisa menikmati jaringan 4G, kamu harus punya perangkat yang sudah mendukung 4G. Namun jika kamu tidak ingin ganti smartphone, bisa lho dengan cara membeli modem yang sudah support 4G.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *